Ayo Gabung

Data Blogku

Kamis, 10 April 2014

Hasil belajar adalah proses perubahan tingkah laku seseorang dalam bertindak atau beraktifitas menuju pembenaran, dari belum mampu ke arah sudah mampu. Perubahan tingkah laku seseorang dalam pengertian belajar memiliki ciri-ciri perubahan yang terjadi secara sadar, perubahan dalam belajar dalam arti kontinyu, perubahan dalam belajar bertujuan satu arah, dan pembahasan mencakup seluruh aspek tingkah laku (Slameto, 2010).

Munir (2010) menjelaskan hasil belajar pada aspek pengetahuan adalah dari tidak tahu menjadi tahu. Dimyati & Mudjiono (1999) mengatakan hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan sisi guru. Hasil belajar dipandang dari sisi siswa merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan saat sebelum belajar.

Menurut Sudjana (1990) hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya, berbeda dengan teori Bloom (dalam Sudjana, 1990) yang membagi tiga hasil belajar menjadi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotoris. Ranah kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek, yakni pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Pengetahuan atau ingatan dan pemahaman merupakan kognitif tingkat rendah sedangkan aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi merupakan kognitif tingkat tinggi. Ranah afektif berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima aspek yaitu penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi, dan internalisasi. Ranah psikomotoris berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan bertindak. Ada enam aspek ranah psikomotoris, yakni gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, keharmonisan atau ketepatan, gerakan keterampilan kompleks, dan gerakan ekspresif dan interpretatif. Hal berbeda dinyatakan oleh Abidin (2004) bahwa hasil belajar adalah penggunaan angka pada hasil tes atau prosedur penilaian sesuai dengan aturan tertentu atau dengan kata lain untuk mengetahui daya serap siswa setelah menguasai materi pelajaran yang telah diberikan.
Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Pengertian Hasil Belajar", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

2 komentar:

  1. dari semua pengartiannya..namun mempunyai tujuan yg sama ya mas
    Dengan belajar ..minimal jd akan tahu byk hal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, tapi kalo saya lebih bagusan pendapat Bloom :D

      Hapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Baca dulu artikelnya.
2. Berkomentarlah dengan sopan.
3. Jangan memasukkan link di kotak komentar.