Ayo Gabung

Data Blogku

Kamis, 13 Desember 2012

Pengertian Multimedia

Menurut Ariyus (2009) multimedia berasal dari dua kata, yaitu multi dan media. Multi berarti banyak dan media diartikan alat untuk menyampaikan atau membuat sesuatu, perantara, alat pengantar, suatu bentuk komunikasi seperti surat kabar, majalah, atau televisi. Apabila dikaitkan dengan pemrosesan komputer, media dianggap sebagai alat yang menampilkan teks, gambar, grafik, suara, musik, dan sebagainya.
Multimedia merujuk pada presentasi materi dengan menggunakan kata-kata dan gambar-gambar, siswa lebih bisa memahami penjelasan jika disampaikan dalam kata-kata dan gambar-gambar dari pada jika disajikan hanya dalam kata-kata (Meyer, 2009). Ariani & Haryanto (2010) mengartikan multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi.


Penggunaan Multimedia dalam Bidang Pendidikan

Ariyus (2009) mengatakan pendidikan adalah suatu bidang yang paling sering menggunakan teknologi multimedia, di antaranya adalah komputer multimedia bisa menggabungkan animasi, video, dan audio serta teks dan grafik secara bersamaan, serta berkemampuan untuk berinteraksi sehingga proses pembelajaran dan pengajaran lebih menarik dan cepat dicerna oleh siswa; sistem multimedia memungkinkan pihak pengajar untuk mempresentasikan dan memberikan materi kepada siswa dengan menarik sehingga memudahkan pembelajaran; pendidikan juga bisa dilakukan di rumah; dan berbagai institusi perguruan tinggi bisa melaksanakan program pendidikan jarak jauh.

Langkah-Langkah Pembelajaran Menggunakan Multimedia

Penggunaan multimedia di dalam pembelajaran harus mengikuti langkah-langkah yang telah supaya membuahkan hasil yang positif. Agnew, Kellerman, & Meyer (1996) menjelaskan langkah-langkah pembelajaran berbasis multimedia antara lain guru mempersiapkan materi, yaitu memilih tujuan pembelajaran, memilih topik, serta membuat multimedia; guru memberikan materi, yaitu memberikan materi sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran, serta mendeskripsikan dan mendemonstrasikan melalui multimedia; murid membuat tugas, yaitu tugas dikerjakan secara individu dan guru menjadi fasilitator; serta guru dan siswa melalukan refleksi.
Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Multimedia", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

24 komentar:

  1. waw ., jurusan saya nih sob ., MM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca-baca di sini sob :D

      Hapus
    2. udah baca-baca ., :)
      makasih sob invonya :) kunjungan baliknya sob ,. :)

      Hapus
    3. Ok sob, saya langsung meluncur..

      Hapus
  2. ane anak multimedia nih gan..:)
    mantappp...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kunjungannya, silahkan baca-baca di sini sob :D

      Hapus
  3. Multimedia, bnyk media dijadikan menjadi satu, sehingga menjadi multifungsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget sob, multimedia bisa digunakan di segala bidang :D

      Hapus
  4. wah, sya musti banyak belajar tentang multi multi nih media sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan belajar di sini, gratis sob hehe.. :D

      Hapus
  5. Postingan yang bagus sahabatku, jangan lupa mampir untuk kesuksesan anda, ada libster Award untuk menjalin persahabatan kita dalam dunia Bloger, silahkan di comot saja, ditungggu dan terima kasih yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, langsung meluncur ke TKP :D
      Makasih hehe.. :)

      Hapus
  6. si penggunanya pun ...harus saling terkait agar multimedia berjaln sebagaimana musti nya ya sob...hehe

    mav ya sob telat hadir....di sini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sob, harus ada persiapan yang matang.

      Tidak apa2 telat sob, yang penting sudah hadir hehe.. :D

      Hapus
  7. Wah, ada teori dasar multimedia nih + penerapannya ke dunia pendidikan, ulasan yg sangat menarik, smoga kedepannya ada ulasan khusus praktek penerapannya dlm dunia pendidikan serta hasil2nya....nice share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan saya posting sob, makasih sarannya :D

      Hapus
  8. ini bagus dipake kalo buat latihan soal, muridnya jadi seneng, apalagi diiringii musik klasik ciaaaaaaaaaatt jadul amat ya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikasih musik klasik siswanya bisa ngantuk haha...
      Makasih sarannya hehe.. :)

      Hapus
  9. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai multimedia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai sistem multimedia yang bisa anda kunjungi di Sistem Multimedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, ebooknya sangat bermanfaat :)

      Hapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Baca dulu artikelnya.
2. Berkomentarlah dengan sopan.
3. Jangan memasukkan link di kotak komentar.