Ayo Gabung

Data Blogku

Jumat, 15 Maret 2013

Metode  pembelajaran akan berkaitan erat  dengan tujuan yang akan dicapai. Seorang guru yang mengajarkan ilmu pengetahuan dengan tujuan agar siswanya mendapatkan suatu pengetahuan yang bersifat kognitif, akan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan orang lain atau dirinya sendiri ketika mengajar mata pelajaran yang bertujuan agar siswanya mampu mengubah sikap tertentu.
Berdasarkan  paada kenyataan  seperti  disebut  diatas, maka ketika seorang guru akan menggunakan metode ceramah, dia harus dapat mencapai tujuan yang telag dibuat sebelumnya. Oleh sebab itu, menggunakan atau tidak menggunakan metode ceramah, sebaiknya diketahui terlebih dahulu apa sebenarnya metode ceramah itu.
Ceramah adalah penuturan atau penerangan secara lisan oleh guru terhadap kelas. Alat interaksi  yang terutama dalam hal ini adalah “berbicara". Dalam ceramahnya kemungkinan guru menyelipkan pertanyaan pertanyaan,  akan tetapi kegiatan belajar  siswa terutama mendengarkan dengan teliti dan mencatat pokok-pokok penting, yang dikemukakan oleh guru; bukan menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa. Muhibbin Syah (2000) mengemukakan bahwa “metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.”

Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Metode Ceramah", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

26 komentar:

  1. Wah, wah wah.....
    Btw, izin nyimak ya sohib...

    BalasHapus
  2. Wuihhh..template baru ya bang..ckckckkckc..mantef bangettttttttt,nah artikelnya sip nih bang bikin motivasi buat saya dan teman-teman..hahahyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang Icah :D
      Ini templatenya sudah lama :)

      Hapus
  3. saya suka kalo guru saya nglawak jadi enjoy bljrnya ^_^ .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau dapat guru yang serius pasti bikin ngantuk :D

      Hapus
  4. hooreeeeeeeeee gak ada capthanya ^_________^ .

    BalasHapus
  5. metode yang paling sering digunakan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob karena mudah dan murah :D

      Hapus
  6. Benar sekali sobat, saya setuju sekali, dalam memberi pelajaran matematika thd siswa methode cemah memang sangat diperlukan dan itu praktis buat pembelajaran.
    terima kasih sudah berbagi kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak, tapi jika yang menggunakannya tidak ahli maka siswa bisa bosan :D

      Hapus
  7. sangat bermanfaat untuk yang mau belajar ceramah kang..

    BalasHapus
  8. mantap bang infonya sangat berguna bagi saya, terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  9. Ceramah dalam hal pembelajaran sih sah2 saja. Asalkan ceramahnya tidak membosankan :)

    #Koment balik ditunggu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sob :D
      Ok langsung meluncur ke TKP :)

      Hapus
  10. kalo pake metode ceramah berarti hanya 1 arah ya (guru menerangkan, murid mendengarkan & mencatat).
    dgn adanya perkembangan teknologi & komunikasi, seorang murid bisa memperoleh banyak informasi & semakin bersikap kritis, menurut saya sebaiknya metode yg digunakan adalah diskusi/dialog dua arah krn guru bisa saja salah (kan manusia biasa) jd kl menggunakan metode dua arah, murid bisa meluruskan/berbagi informasi kepada guru & murid lainnya...meskipun pasti akan ada perdebatan namun masing2 pihak hrs memiliki dasar/alasan yg kuat serta bukti pendukung untuk permasalahan yg sedang dibicarakan.
    selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab sekali, saya suka dengan pendapatnya sobat...
      Jika pembelajaran hanya satu arah maka memang benar jika siswa hanya pasif dan tidak kritis :D
      Makasih sob :)

      Hapus
  11. saya setuju mas...selain ekonomis,tanpa di barengin penerangan dari para pengajar ke para siswa...lewat konsep ceramah ini..proses belajr mengajar..ga kan efektif dan malah akan timpang.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, jika tidak bisa menggunakannya malah membuat siswa bosan :D

      Hapus
  12. ceramah yang menginspirasi akan membuat si pendengar tidak jenuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob, apalagi jika diselingi dengan lelucon, pasti siswa sangat antusias :D

      Hapus
  13. Khusus untuk hal yang satu ini (ceramah) saya merasa paling gak bisa deh.. hehe, mudah2an stlah membaca artikel ini jadi rada2 bisa gituh heu. Terima kasih sdh berbagi mas Sundo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Bobby, biasanya kalau orang pemalu merasa metode ini susah hehe.... :D

      Hapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Baca dulu artikelnya.
2. Berkomentarlah dengan sopan.
3. Jangan memasukkan link di kotak komentar.