Ayo Gabung

Data Blogku

Selasa, 12 Maret 2013

UKSW adalah singkatan dari Universitas Kristen Satya Wacana, terletak di kota Salatiga. Kebanyakan orang (khususnya orang Timur) tidak mengetahui tentang kota Salatiga dikarenakan kota Salatiga hanyalah kota kecil, tetapi jika kita menyebut nama UKSW pastilah mereka mengetahuinya. Ternyata kota dengan nama kampus masih terkenal kampusnya, itulah pendapat saya.


Walaupun UKSW adalah Universitas Kristen, namun jangan heran jika mahasiswa-mahasiswanya banyak yang beragama non Kristiani. UKSW memang membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studi D3, S1, S2, dan S3 dari berbagai agama. Jangan heran jika kamu masuk ke kampus UKSW dan menemukan mahasiswi yang mengenakan jilbab. UKSW tidak pernah membatasi mahasiswanya berpenamilan sesuai agamanya bahkan tidak pembatasi mahasiswanya untuk beribadah. Di salah satu ruang (dulunya ruang kuliah) di UKSW dijadikan tempat beribadah untuk saudara-saudara kita yang beragama Islam, di situ sudah disediakan juga perlengkapan ibadah bahkan sandal jepit untuk wudhu.

Di dalam proses perkuliahan memang selalu dibuka dengan doa sesuai agama Kristen dan juga ada mata kuliah wajib bernama Etika Kristen. Tetapi matakuliah tersebut bersifat umum dan dapat diikuti oleh semua lapisan agama dikarenakan matakuliah tersebut seperti PKN. Mahasiwa non Kristiani juga mendapatkan kesempatan yang sama di dalam proses kuliah dan juga pengajuan beasiswa. Tidak ada pembedaan antar agama, semuanya berjalan dengan transparan dan adil.

Itulah yang membuat saya sangat mencintai UKSW, kampus kecil yang sangat beragam bahkan ada yang menyebut UKSW sebagai Indonesia Mini dan juga di UKSW menjunjung tinggi toleransi beragama. Saya akan banyak memposting tentang UKSW untuk lebih mengenalkan UKSW kepada sahabat-sahabat blogger.
Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Sekilas Tentang UKSW", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

32 komentar:

  1. Yang jelas dengan adanya UKSW akan membantu sekali, dan saya sendiri setuju kawan,postingan menarik dan bermanfaat
    terima kasih sudah berbagi

    mohon masaf jaringan lagi rusak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pak :D
      Koneksi saya juga lagi lelet pak hehe :)

      Hapus
    2. saling curhat tentang jaringan ya ahaha. iku nimbrung.

      Hapus
    3. Saya juga ketiban masalah yg sama. Jaringan internet di padepokan malah sering bermasalah, alias putus nyambung.
      padahal sudah diritualkan, tapi masih gak bagus juga. Jadi sudah nih mau online dan sowan ke blog para sohib...

      Hapus
    4. Kunjungan kawan, jaringan sedang lelet nih buku tamu gak bisa disisi, terpaksa disini

      Hapus
    5. @ Miz Tia : iya nih hehe :D
      @ Anak Mas : padepokan mana mas? sinyal saya juga lelet nih
      @ Penyuluh Perikanan : sama pak, saya malah lebih lelet nih

      Hapus
  2. Setelah membaca artikel sobat, saya merasa memang seharusnya begitu. Biarpun Universitas Kristen, namun mereka tidak menutup diri untuk menerima mahasiswa non Kristen dan tidak ada diskriminasi terhadap mereka. Keanekaragaman budaya dan agama jika bisa bersatu itu terasa damai dan damai itu indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali sob, damai itu indah..
      Memang di kehidupan yang beragam ini kita harus saling menghargai :D

      Hapus
  3. Ini baru namanya Universitas yang ber-bhinneka. Maju terus UKSW :)

    BalasHapus
  4. Berarti walaupun namanya Universitas Kristen tapi memang tidak ada larangan bagi muslim untuk kuliah disitu yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob, bahkan sudah disediakan ruangan khusus ibadah bagi Muslim :D

      Hapus
  5. tampaknya yang kuliah di UKSW juga jadi banyak pengalaman, bagi yang muslim jadi tahu tentang kristen ya. tapi kalo sebelaum mata kuliah di mulai dengan doa agama kristen terus yang muslim harus ikutan doa juga apa berdoa menurut agama masing2 yah sob :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya berdoa menurut agama Muslim :D
      Tapi untuk yang Kristen ada perwakilan untuk berdoa di depan kelas :)

      Hapus
    2. terus ada pelajaran islamnya gak mas.. :) hehe.. (maklum ane gaptek)

      Hapus
    3. Ya gak ada mas, namanya aja Universitas Kristen :D

      Hapus
  6. saya sampe lupa mau komen apa disini. karena terlalu lama salah ketik captha yg gak ada tulisannya haduh haduh. sampe 9x .. hikss sebel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..
      Skrg sudah tidak ada capthanya lagi :D

      Hapus
  7. dulu saya waktu sekolah, di sekolah saya mayoritas kawan kawan tionghoa, saya merasa tidak di diskriminasi karena mereka open terhadap orang yang agama nya beda, demikian juga dengan artikel sobat kali ini. sangat bermanfaat karena bisa menghilangkan paradigma diskriminasi . beda itu indah dan hormati perbedaan antara umat, belajar itu tidak mengenal usia, agama, dan perbedaan warna kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob, beda itu memang indah, jika di dunia ini sama semua pasti manusia akan bosan :D

      Hapus
  8. wah seputar universutas ya...
    bagus bagus thx dah berbagi :)

    BalasHapus
  9. ilmu harus dicari dimanapun berada selama untuk kemaslahatan utk byk orang, khususnya pelajar yg di tuntut utk mencari ilmu meskipun itu di komunitas UKSW. semangat mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali :D
      Mantab komentarnya :)

      Hapus
  10. seandainya setiap orang mau menyadari bahwa ketika dilahirkan manusia tidak bs memilih dr suku, agama, kaya/miskin mungkin semua orang bisa saling menghormati & membantu tanpa melihat latar belakang suku & agamanya.
    semoga semakin banyak orang yg menghapuskan kata SARA di negeri ini, amin...
    selamat beraktivitas kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka banget dengan komentarnya, bener sob :D
      SARA memang harus dihilangkan supaya perdamaian tetap terjaga :)

      Hapus
  11. kereen, emang harusnya kampus kayak gini dicontoh, walapun jelas universitas kristen tapi mereka memperbolehkan penganut agama lain kuliah disini, apalagi mereka tidak membeda2kan dengan menyediakan tempat ibadah bagi kaum muslim, jempol deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob :D
      Sekarang sudah tidak jamannya SARA, sudah lewat itu :)

      Hapus
  12. Apakah di UKSW juga ada beasiswanya mas ?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak. Dari pemerintah seperti BBM dan PPA serta ada juga beasiswa dari yayasan.

      Hapus
    2. Menurut mas, Prodi di UKSW yang bagus apa?
      dan Prodi yang paling banyak diminati oleh pendaftar?

      Hapus
    3. Yang paling bagus Ekonomi, TIK, Elektro, dan Bahasa Inggris. Sebenarnya masih banyak yang bagus.
      Yang paling banyak diminati adalah TIK, Ekonomi, dan PGSD.

      Hapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Baca dulu artikelnya.
2. Berkomentarlah dengan sopan.
3. Jangan memasukkan link di kotak komentar.