Ayo Gabung

Data Blogku

Selasa, 19 Maret 2013
Stres seringkali muncul apabila harapan – harapan seseorang tidak cocok dengan lingkungannya (dalam pengalaman Robert S. Eliot). Pengertian stress banyak didefinisikan oleh para ahli, diantaranya:

  • Sarwono (dalam Natalia, 2007) : “stres adalah kondisi kejiwaan ketika jiwa itu mendapat beban.”
  • Hans Selye (dalam Santrock, 2003 : 557) : stres adalah kerusakan yang dialami tubuh akibat berbagai tuntutan yang ditempatkan padanya.
  • Spielberger (dalam Handoyo dikutip Natalia, 2007) : “stres adalah tuntutan-tuntutan eksternal yang mengenai seseorang, misalnya obyek-obyek dalam lingkungan atau suatu stimulus yang secara obyektif adalah berbahaya. Stres juga biasa diartikan sebagai tekanan, ketegangan atau gangguan yang tidak menyenangkan yang berasal dari luar diri seseorang.”
  • Hans Selye dalam buku Hawari (2001): “menyatakan bahwa stres adalah respon tubuh yang sifatnya nonspesifik terhadap setiap tuntutan beban atasnya.”

Stres didefinisikan sebagai suatu situasi di mana pengaruh interaksi seseorang yang menyebabkan adanya perubahan psikologis dan atau kondisi fisiologis (Stres pekerjaan, 21 Mei 2009). Selain itu, definisi stres menurut Purwandari (dalam Natalia, 2007) adalah suatu keadaan individu dituntut untuk berespon adaptif. Menurut Sinaga (2005) stress merupakan suatu kondisi yang tidak menyenangkan atau tertekan baik secara fisik maupun psikis yang mengganggu individu sebagai akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dan kemampuan individu dengan tuntutan lingkungan yang ada dan individu merasakannya sebagai suatu gangguan psikologis yang meliputi perasaan tertekan, ketegangan dan kecemasan yang muncul sebagai reaksi adanya rasa terancam.
Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Pengertian Stres", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

37 komentar:

  1. sukses selalu jangan stress.. be happy ^____^ .

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kebanyakan ngitung hoho.

      Hapus
    2. Bagi saya nitung bisa mengurangi stress hahaha...

      Hapus
    3. terlalu pinter namanya. haha.

      Hapus
    4. Bukan pinter, itu namanya kurang kerjaan hehe :D

      Hapus
  2. terkadang stres muncul secra tk terduga.. kurang olhraga juga ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga pak..
      Biasanya orang kalau lagi banyak pikiran akan melupakan masalahnya saat olah raga :D

      Hapus
  3. positif thinking bang :) biar stresnya hilang :)
    mampir :) #75
    follow balik ya bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..
      Iya :D
      Follow balik sukses :)

      Hapus
  4. Hidup happy, pikir positif, dijamin deh gak bakalan stress :D
    thanks follbacknya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, kalau pikiran tenang tidak akan stress :D

      Hapus
  5. Pengertian stress menurut ketiga ahli di atas sangat cocok sekali dengan apa yang saya rasakan ketika mengalami stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      Saya juga pernah stress dan juga cocok dengan pendapat ahli di atas :D

      Hapus
  6. kalau buat pelampiasannya ..biasanya saya bawa mancing mas...atau ndak paling hawanya pengen makan melulu..hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      Wah kalau mas Budi lagi stress pasti tambah gemuk karena makan melulu hehe..
      Saya kalau mancing tidak dapat ikan malah jadi stress :)

      Hapus
  7. y..stres awal penyakit membuat anti body lemah....so jaga kesehatan....ok...

    BalasHapus
  8. Yang jelas kita harus melakukan sesuatu agar jangan sampai stress ya gan, terima kasih artikelnya sangat bermanfaat sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak :D
      Kita buat hidup menyenangkan biar selalu fress pikirannya :)

      Hapus
  9. perlu banyak hiburan juga ya gan biar gak stres..

    BalasHapus
  10. kalau selalu mengsyukuri apa yang ada baik dalam suka ataupun duka..yakinlah nggak bakalan stress :-)

    BalasHapus
  11. kebanyakan menghitung, jadi stress, hehe...
    blogging merupakan salah satu cara penghilang sterss, sob
    terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogging memang bisa digunakan sebagai penghilang stress :D

      Hapus
  12. berarti panas jakarta bisa bikin stres juga yah kalo kayak gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan panasnya, tapi macetnya yg bikin stress :D

      Hapus
  13. stress kadang muncul karena titik kejenuhan yang mulai menggerogoti tubuh, depresi karena tekanan, saya sering mengalaminya :(
    hufth...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab nih mas Agung :D
      Harus refresing supaya tidak stress :)

      Hapus
  14. Makasih menambahwawasan :D

    [ Gabung yuk ke Direktori Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia ]

    BalasHapus
  15. malam sob lama tak jumpa mampir, gimana kabarnya heh osbat lamaku..

    BalasHapus
  16. Memang stres suka datang tak diundang. he....

    BalasHapus
  17. stress itu ketika kita g puny uang, hi hi hi hi *pengalaman*

    BalasHapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Baca dulu artikelnya.
2. Berkomentarlah dengan sopan.
3. Jangan memasukkan link di kotak komentar.

Sahabatku

Search

Memuat...