Ayo Gabung

Data Blogku

Kamis, 02 Mei 2013
Dimyati & Mudjiono (2009) mengatakan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa antara lain adalah cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, serta upaya guru dalam membelajarkan siswa.
Makmun (2004) mendefinisikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi antara lain adalah usia, jenis kelamin, kondisi fisik, kemampuan, dan suasana lingkungan. Usia yang berbeda akan menimbulkan motivasi yang berbeda, misalnya motivasi orang dewasa akan berbeda dengan motivasi anak-anak.
Hamzah (2006) mengatakan pada umumnya terdapat bebarapa indikator atau unsur yang mendukung motivasi belajar antara lain adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif.

Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

34 komentar:

  1. Artikel yang keren dan bagus

    BalasHapus
  2. nunggu kiriman gak datang datang jadi malas belajar.. he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga bisa jadi faktor yang mempengaruhi motivasi haha... :D

      Hapus
  3. faktor yg mmpengaruhi belajar buat ane adalah gadget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini motivasinya mahal banget nih hehe :D

      Hapus
  4. melihat kondisinya seperti saat ini....emang terkadang perlu untuk memberikan pancingan buat pebyemangat belajr buat anak ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas :D
      Pasti anak jadi bersemangat :)

      Hapus
  5. Faktor yg mempengaruhi motivasi belajar adalah jika masih anak2.. hadiah dari ortu, sedang kalau udah menginjak remaja.. pacar mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas :D
      Tapi pacar bisa juga berdampak menurunkan motivasi, contohnya jika ada masalah dengan pacar atau bahkan putus, pasti seseorang tidak mempunyai motivasi lagi..

      Hapus
  6. Andes Rizky Nugroho (2013) mengatakan secara diri saya pribadi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah keprihatinan. rasa prihatin yang selalu mendorong saya untuk mau belajar dan lebih memotivasi diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      Tapi benar juga sob, itu merupakan faktor internal seseorang.
      Motivasi seperti itu pasti sangat baik hasilnya :D

      Hapus
  7. motivasi saya untuk belajar adalah terutama orang tua saya, saya harus bisa membahagiakan mereka dan melihat saya sukses, harus itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab sob, motivasi internal seperti itu sangatlah kuat.
      Saya sangat setuju :D

      Hapus
  8. Belajar tidak mengenal usia. Anak -anak, muda, tua, belajar dan menuntut ilmu sampai kita menutup mata.

    Terima kasih telah berbagi. Ijin follow Blognya sobat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sobat, makasih :D
      Saya juga sudah follow blog sobat :)

      Hapus
  9. iya saya setuju, ini bisa menjadi bahan pekuliahan saya nih

    BalasHapus
  10. artikelnya sangat menarik dan berguna sekali kawan, terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  11. motivasi emg perlu bnget. gk ada motivasi, jadinya gk punya alasan utk blajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob, motivasi sangatlah mempengaruhi prestasi belajar siswa :D

      Hapus
  12. motivasi itu seperti hal yg ingin di capai

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih tepatnya motivasi adalah dorongan untuk hal yang ingin dicapai :D

      Hapus
  13. faktor lingkungan juga mempengaruhi motivasi belajar, terutama lingkungan pergaulan yang kondusif untuk melatih pembelanjaran, terima kasih telah berbagi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga itu sob :D
      Lingkungan merupakan faktor eksternal :)

      Hapus
  14. faktor2 phobia matematika belajar peserta didik sd apa gan??
    dan cara mengatasinya, help buat skripsi ane, kalau bisa kirim kemail ane aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak mempunya referensi faktor phobia matematika..
      Tapi menurut saya siswa SD yang mengalami phobia matematika dikarenakan faktor guru yang galak dan membosankan :)

      Hapus
  15. motivasi yang utama sih inget cita-cita, inget keberhasilan, dan membanggakan orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab, itu merupakan faktor internal yang sangat besar pengaruhnya sob :D

      Hapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Baca dulu artikelnya.
2. Berkomentarlah dengan sopan.
3. Jangan memasukkan link di kotak komentar.

Sahabatku

Search

Memuat...