Ayo Gabung

Data Blogku

Senin, 29 April 2013
Siswa belajar karena didorong oleh kekuatan mentalnya. Kekuatan mental itu berupa keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita. Kekuatan mental tersebut dapat tergolong rendah atau tinggi. Kekuatan mental yang mendorong terjadinya belajar tersebut sebagai motivasi belajar.
Motivasi terdiri dari adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar (Koeswara, 1989; Siagian, 1989; Schein, 1991; Biggs & Telfer, 1987 dalam Dimyati & Mudjiono, 2009).
Handoko (1994) mendefinisikan motivasi sebagai suatu tenaga atau faktor yang terdapat dalam diri manusia, yang menimbulkan, mengarahkan dan mengorganisasikan tingkah lakunya. Motivasi sendiri bukan merupakan suatu kekuatan yang netral, atau kekuatan yang kebal terhadap pengaruh faktor-faktor lain seperti pengalaman masa lampau, taraf intelegensi, kemampuan fisik, situasi lingkungan, cita-cita hidup, dan sebagainya. Hal yang berbeda diungkapkan Dimyati & Mudjiono (2009) mengatakan motivasi belajar merupakan segi kejiwaan yang mengalamai perkembangan, artinya terpengaruh oleh kondisi fisiologis dan kematangan psikologis siswa. Motivasi belajar menurut Hamzah (2006) adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung.
Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Motivasi Belajar", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

40 komentar:

  1. motivasi belajar bisa juga dari pacar *eh wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang betul, saya sangat setuju haha... :D

      Hapus
  2. ia mas....tak adanya motivasi membuat para anak(siswa) ndak ada semangat atau enggan untuk belajar....
    sy rasa dari lingkungan paling terdekatnya,seperti keluarga sangat berpengaruh untuk memotivasinya...
    #welcome back mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, keluarga (faktor lingkungan) menjadi salah satu faktor motivasi anak :D
      Kiranya orang tua selalu memotivasi anak supaya anak bersemangat belajar :)
      Makasih mas

      Hapus
  3. Banar mas.. motivasi harus ada pada anak, karena tanpa ada motivasi kiranya minat untuk berprestasi sangat kurang. Ndak cuman untuk pelajar.. orang tua juga butuh motivasi untuk dapat berkarya lebih baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, siswa yang memiliki motivasi cenderung memiliki prestasi yang baik :D
      Orang tua juga harus memiliki motivasi supaya menghasilkan uang lebih hehe :)

      Hapus
  4. Biasanya dengan menghadiahkan sesuatu kepada anak, anak akan termotivasi kan blajarnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, hadiah bisa memotivasi siswa tapi ada sisi buruknya karena jika telah menjadi kebiasaan, maka siswa akan semangat belajar jika ada hadiahnya :D

      Hapus
  5. Makasih informasinya, sbnrnya masih ada bnyk motivasi2 lain.. hnya saja kita kurang jeli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saya ambil yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan :D

      Hapus
  6. oke nih tankyu gan infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. biasanya motivasi datang dari ortu, dulu ortu saya selalu memberi hadiah klo nilai bagus, tapi klo jelek di jewer...wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha...
      Gpp sob, tapi jika ada hukuman dan juga ada hadiah itu berarti ortu sobat memang bijak.
      Hal yang tidak baik adalah jika hanya memberi hadiah atau hanya memberi hukuman saja :D

      Hapus
  8. Sayangnya, masih ada guru/dosen yang jangan memberikan motivasi, motivasi yang sudah tumbuh di siswa juga terus dikikis sampai habis.

    Kita ingat istilah: dosen/guru killer, kan? mahasiswa susah lulus skripsi? Siswa pusing mikirin tugas karena tidak ngerti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang dosen atau guru seperti itu menurut saya tidak baik, mungkin mereka bermaksud untuk memperkuat mental siswanya, tetapi pada kenyataan hanya membunuh mental siswa. Sangat disayangkan

      Hapus
    2. Tampaknya kita harus ada gerakan agak besar untuk mengingatkan para dosen seperti itu. Saya khawatir, anak negeri ini hanya bisa berbuat sesuai kemauan dosen, padahal dosen juga belum tentu benar selalu.

      Hapus
    3. Benar sob, tapi sangat susah untuk membuat perubahan seperti itu :D

      Hapus
  9. motivasi penting, untuk memulai sesuatu, bukan belajar saja bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, banyak sekali motivasi itu, tapi kebetulan saya hanya mengambil yang di jalur pendidikan :D

      Hapus
  10. Kalau dulu, saya termotivasi dengan ortu saya yg cuma tamatan SMP doang karena tidak ada biaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus itu mas, terkadang motivasi juga muncul karena faktor dari keluarga :D
      Salut untuk mas, :)

      Hapus
  11. motivasi untuk saya belajar pertama kali adalah keluarga saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab, keluarga memang sangat penting dan biasanya menjadi sumber utama motivasi :D

      Hapus
  12. motivasi belajarku banyak... bahkan hingga di univrsts skrg.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab itu mas, harus dipertahankan supaya selalu sukses :D

      Hapus
  13. keren sob artikel ente

    mampir yah gan, hehe, jangan sampe enggk :)

    http://blogmarkotop.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. ini motivasi bljr buat adek gue bang..soal.y cepet nyerah dlm belajar heheh

    komen back yeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, coba deh dibuat perjanjian, kalo nilai bagus diberi hadiah tapi jika nilai jelek diberi hukuman, pasti nanti jadi semangat belajar :D

      Hapus
  15. itu muridnya ya pak guru??.. yg ganteng mana ya..??? *eh salah fokus* .

    motivasi belajar saya itu cita cita saya hohoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan murid saya, foto itu saya ambil ketika saya melakukan penelitian untuk skripsi :D
      Mau saya kenalin dengan yang berkumis atau berjenggot? haha...
      Waduh, berarti sekarang masih berjuang supaya mendapat motivasi ya mis? hehe

      Hapus
  16. Kalau saya motivasi belajar dri diri sendiri .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus itu mas, biasanya sulit menumbuhkan motivasi belajar dari diri sendiri, mantab banget..
      :D

      Hapus
  17. motivas belajar bisa dri mana saja datangnya, kadang2 guru yg baik dan humoris juga bisa menjadi salah satu motivasi belajar bgi siswa hehehe... apalagi guru nya cantik hahahayy ... met mlm kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      Bener kang, guru cantik memang memotivasi siswa khususnya siswa laki2 haha... :D
      Met mlm juga kang

      Hapus
  18. pacar bisa menjadi motivasi belajar dan keinginan untuk lulus juga memotivasi gan,, sebelumnya terimakasih infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..
      Benar sob, pacar sangat berpengaruh meningkatkan motivasi :D
      Makasih sob

      Hapus
  19. momen hari ini sangat penting untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di tanah air. met Hardiknas pak guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya, selamat Hardiknas juga :D

      Hapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Baca dulu artikelnya.
2. Berkomentarlah dengan sopan.
3. Jangan memasukkan link di kotak komentar.