Rabu, 21 November 2012
Ceramah adalah penuturan atau penerangan secara lisan oleh guru terhadap kelas. Alat interaksi yang terutama dalam hal ini adalah “berbicara". Dalam ceramahnya kemungkinan guru menyelipkan pertanyaan pertanyaan, akan tetapi kegiatan belajar siswa terutama mendengarkan dengan teliti dan mencatat pokok pokok penting, yang dikemukakan oleh guru; bukan menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa. Muhibbin
Syah (2000) mengemukakan bahwa “metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.” Menurut Winarno Surachmad M.Ed dalam Suryobroto, B. Bahwa yang dimaksud dngan ceramah sebagai metode mengajar ialah penerangan dan penuturan scara lisan oleh guru terhadap kelasnya. Selama berlangsungnya ceramah, guru bisa menggunakan alat-alat pembantu seperti gambar-gambar bagan, agar uraiannya menjadi lebih jelas. Tetapi metode utama dalam perhubungan guru dengan muridnya adalah berbicara. Sedangkan peranan murid dalam metode ceramah yang penting adalah mendengarkan dengan teliti serta mencatat materi yang dianggap pokok atau utama yang dikemukakan oleh guru.
Prosedur dari metode ceramah adalah sebagai berikut :
- Guru mempersiapkan materi yang akan disampaikan sebelum pelajaran dimulai.
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan apersepsi, dengan cara mengungkap pelajaran yang lalu.
- Guru berceramah (mengadakan uraian-uraian, keterangan-keterangan) mengenai bahan pokok. Disini pihak siswa hanya mendengarkan baik-baik.
- Mengontrol pemahaman murid dengan pertanyaan-pertanyaan, tugas-tugas, dan sebagainya.
- Mencatat ikhtisar pelajaran, agar dapat dipelajari kembali.
Artikel Terkait :
Artikel
- Angka, Bilangan, dan Nomor
- Pengertian Hasil Belajar
- Pengertian Media Pembelajaran
- Penggunaan kata Jam dan Pukul
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
- Motivasi Belajar
- Faktor Penyebab Stress (Stressor) pada Anak
- Pengertian Stres
- Metode Ceramah
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
- Prestasi Belajar
- Fungsi Matematika
- Alasan Perlunya Belajar Matematika
- Pengertian Pelajaran Matematika
- Multimedia
- Konsep
- Metode Tutor Sebaya
- Pedagogical Content Knowledge
- Pengertian Collaborative Learning
Labels:Artikel
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Sahabatku
Search
Label
- Artikel (20)
- Awards Masuk (12)
- BSE SD (6)
- BSE SMA (6)
- BSE SMK (3)
- BSE SMP (3)
- Cara Cepat (1)
- Curhatku (6)
- Daftar Isi (4)
- Info Terkini (5)
- Matematika SD (10)
- Matematika SMA (28)
- Matematika SMK (4)
- Matematika SMP (5)
- Media Pembelajaran (3)
- Program Pembelajaran (1)
- Teori Bilangan (1)
- Tokoh Matematika (13)
- Trigonometri (4)
- UKSW (3)
- Widget (1)
kalo mau penilaian di sekolah jadi grogi , gak bisa ngomong :D .
BalasHapusKalau sudah dibiasakan pasti tidak akan grogi :D
HapusIlmu yg bagus sangat bermanfaat terutama buat para guru menambah pengetahuan utk diterapkan dalam kelas
BalasHapustrim infonya
Sip...
HapusMakasih pak
nice info pak guru..
BalasHapusTerimakasih telah berkunjung :D
Hapushmmmm... super sekali, guru adalah di gugu dan dituru
BalasHapusBenar sekali, guru memang menjadi panutan
Hapussangat bermanfaat bagi saya pak guru . . .
BalasHapus:D
Sip..
HapusSemoga postingan ini bermanfaat :D
Sangat berguna nih, menambah wawasan! Thanks.
BalasHapusMakasih sob :D
Hapusdatang disini lagi sob ., :)
BalasHapusSilahkan sob :D
Hapus