Ayo Gabung

Data Blogku

Rabu, 21 November 2012
Hisyam Zaini (2002:60) mengatakan bahwa metode belajar yang paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran tutor sebaya akan sangat membantu siswa dalam belajarnya karena mereka juga mampu mengajarkan materi atau penyelesaian soal kepada teman-temannya (belajar mempresentasikan idenya).
Sekolah punya banyak potensi yang dapat ditingkatkan efektivitasnya untuk menunjang keberhasilan. Keberhasilan suatu program pembelajaran tidak disebabkan oleh suatu sumber daya tetapi disebabkan oleh perpaduan antar sumber daya yang saling mendukung menjadi satu sistem yang integral dan kreatifitas guru dalam mendesain suatu pembelajaran. Di sini peneliti mendesain pembelajaran dengan mengembangkan teori dari (Suherman, dkk, 2003) dan (Djamarah, 2002) untuk melakukan pembelajaran dengan tutor sebaya.
Setelah mengetahui ciri-ciri dari tutor sebaya maka diikuti dengan pelaksanaan pembelajaran dengan tutor sebaya, adapun pelaksanaan pembelajaran dengan tutor sebaya
didalam kelas adalah sebagai berikut :
Jika model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok ini diterapkan, maka langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Pilihlah materi atau soal yang memungkinkan materi atau soal tersebut dapat dipelajari/dikerjakan siswa secara mandiri. Materi pelajaran dibagi dalam sub-sub materi (segmen materi).
  2. Bagilah para siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang heterogen, sebanyak sub-sub materi yang akan disampaikan guru. Siswa-siswa pandai disebar dalam setiap kelompok dan bertindak sebagai tutor sebaya.
  3. Masing-masing kelompok diberi tugas mempelajari satu sub materi. Setiap kelompok dipandu oleh siswa yang pandai sebagai tutor sebaya.
  4. Beri mereka waktu yang cukup untuk persiapan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
  5. Setiap kelompok melalui wakilnya menyampaikan sub materi atau penyelesaian soalnya di depan kelas, sesuai dengan tugas yang diberikan. Guru bertindak sebagai narasumber utama.
  6. Setelah semua kelompok menyampaikan tugasnya secar berurutan sesuai dengan urutan sub materi atau penyelesaian soalnya, berikanlah kesimpulan kesimpulan dan klarifikasi seandainya ada pemahaman siswa yang perlu diluruskan.
  7. Kelompok yang berhasil diberi penghargaan.
Artikel Terkait :

Jika anda menyukai halaman ataupun artikel "Motamatika Education: Metode Tutor Sebaya", silahkan copy kode di bawah ini sehingga anda dapat dengan bebas mengutip artikel di halaman ini.

0 comments: