Sabtu, 09 Maret 2013
Risqon (2001) mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu :
- Peranan guru dalam membimbing dan mendidik siswa yang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kemandirian dan profesionalisme guru.
- Faktor lingkungan yang sangat dipengaruhi oleh kompetitor yang tersedia.
- Faktor kemauan diri siswa yang sangat dipengaruhi oleh perhatian dan motivasi yang diberikan orang tua.
Pendapat lain dikemukakan oleh Ahmadi dan Supriyono (2004) yang mengatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal sebagai berikut :
- Faktor internal, berupa faktor jasmani bawaan maupun bukan bawaan, misal: penglihatan, pendengaran, adn struktur tubuh. Faktor psikologis baik yang bersifat bawaan maupun bukan bawaan yang terdiri dari kecerdasan bakat, minat, sikap, kebiasaan, kebutuhan, motivasi, emosi, dan penyesuaian diri. Faktor kematangan fisik maupun psikis.
- Faktor eksternal, berupa faktor sosial yang terdiri dari lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan kelompok. Faktor budaya seperti adat istiadat, ilmu pngetahuan, teknologi, dan kesenian. Faktor lingkungan fisik seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar dan iklim, serta faktor lingkungan spiritual dan keamanan.
Pendapat sama dikemukakan oleh Soeryabrata (1969)yang mengatakan bahwa secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu:
1. Faktor internal, meliputi :
1. Faktor internal, meliputi :
- Faktor fisiologis, yaitu berhubungan dengan keadaan fisik khususnya penglihatan dan pendengaran.
- Faktor psikologis, yaitu menyangkut faktor non-fisik, seperti minat, emosi, motivasi, intelegensi, bakat, dan sikap.
2. Faktor eksternal, meliputi:
- Lingkungan keluarga, yaitu menyangkut status sosial ekonomi keluarga, pendidikan, perhatian orang tua, dan suasana hubungan antara anggota keluarga.
- Lingkungan sekolah, yaitu menyangkut sarana dan prasarana, kompetensi guru, siswa, kurikulum, dan kualitas proses belajar mengajar.
- Lingkungan masyarakat, yaitu menyangkut sosial budayadan partisipasi pendidikan.
Artikel Terkait :
Labels:Artikel
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Sahabatku
Search
Label
- Artikel (20)
- Awards Masuk (12)
- BSE SD (6)
- BSE SMA (6)
- BSE SMK (3)
- BSE SMP (3)
- Cara Cepat (1)
- Curhatku (6)
- Daftar Isi (4)
- Info Terkini (5)
- Matematika SD (10)
- Matematika SMA (28)
- Matematika SMK (4)
- Matematika SMP (5)
- Media Pembelajaran (3)
- Program Pembelajaran (1)
- Teori Bilangan (1)
- Tokoh Matematika (13)
- Trigonometri (4)
- UKSW (3)
- Widget (1)
sangat bermanfaat artikel sobat, 100% benar , faktor-faktor malas pelajar. semoga pelajar-pelajar indonesia yang "malas" belajar dan prestasi nya yang biasa-biasa saja dapat meningkatkan kemampuan belajar nya lebih tinggi lagi, agar dapat bersaing dengan pelajar-pelajar negara lain.
BalasHapusAmin, saya juga berharap begitu.
HapusSekarang pelajar Indonesia sudah diperhitungkan di ajang olimpiade sains internasional :D
baca buku terus terusan juga gak baik ahaha.
BalasHapusBenar juga, tidak baik untuk mata karena rata-rata kutu buku pasti pake kacamata hehe..
HapusBenar sekali mas.. faktor yg disebutkan memang memiliki pernanan yg penting dalam perolehan prestasi sorang siswa. Yang juga tak kalah paling penting adalah dukungan dari keluarga atau orang tua.
BalasHapusBenar mas, menurut saya juga begitu, faktor eksternal yang sangat mempengaruhi adalah faktor keluarga :D
Hapusjadi rupanya ada dua faktor yg mempengarui prestasi belajar siswa ya sob, baik ekzternal maupun internal.
BalasHapusterima kasih ilmu yg sangat berguna sekali kawan
terima kasih sudah berbagi
Benar pak, kedua faktor itulah yang mempengaruhi prestasi belajar :D
Hapusdapat motivasi dari artikel masnya nih :). terima kasih banyak mas :)
BalasHapusSyukurlah kalau mas acung termotivasi :D
HapusSemangat ya :)
sebenarnya kalau menurut saya sich..faktor utamanya adalah siswa itu sendiri, kalau memang niatnya kuat untuk belajar, maka pastilah dia akan berhasil dalam pelajarannya....salam :-)
BalasHapusBisa juga itu pak :D
Hapustapi kalau siswanya masih SD atau SMP mereka harus ada yang memotivasi karena mereka belum bisa mandiri. Apalagi siswa SMP karena mereka sedang menemukan jati dirinya, jika salah melangkah bisa kacau :)
Faktor kemauan dari diri siswa itu yang paling penting, karena kalau siswa memang dasar udah gak mau, siapapun yang memotivasi bakal membal. :D
BalasHapusKalau untuk siswa yang sudah memiliki cukup kemandirian pasti tidak akan mendapatkan masalah, tapi kalau siswanya belum mandiri ini akan menjadi masalah hehe :)
HapusNice post sob. :)
BalasHapussllu hadir dsni
Makasih sob :D
HapusSaya mau nanya, adakah kemandirian belajar sebagai faktor yg mempengaruhi hasil belajar/prestasi belajat, kalau ada bisakah tolong sebutkan pakar yg menyatakannya
BalasHapusSaya mau nanya, adakah kemandirian belajar sebagai faktor yg mempengaruhi hasil belajar/prestasi belajat, kalau ada bisakah tolong sebutkan pakar yg menyatakannya
BalasHapus